GDEV NET

Tutorial Pemrograman Android Oprek and Dev

Tutorial Android Read JSON

Assalamu'alaikum wr.wb sobat android, sudah lama saya tidak update, bagaimana kabarnya kalian? semoga baik baik saja. Alhamdulillah puji syukur karena saya masih diberi kesempatan untuk memberikan tutorial-tutorial yang semoga akan bermanfaat untuk kalian semua.

Pada kesempatan kali saya akan membahas Tutorial Android Read Json. namun sebelumnya mari kenalan dengan JSON apa itu? mari kita simak.

Download Alkisah - Aplikasi Android Menarik Tentang Suri Tuladan Nabi dan Sahabat

Apa Itu JSON?

JSON merupakan open standard untuk pertukaran data yang berupa teks. Dengan menggunakan syntax yang sederhana, anda bisa menyimpan apapun, mulai dari data berupa number, string, array dan object dalam bentuk teks. Sekali anda membuat string JSON, maka cukup mudah untuk mengirimkannya ke aplikasi lain, karena ia hanya berupa teks.
JSON merupakan kepanjangan dari JavaScript Object Notation. Sesuai dengan namanya, maka ia berdasarkan bagaimana anda mendefinisikan obyek dan array.

Kelebihan JSON

Beberapa kelebihan dan manfaat dari JSON antara lain:

  • Mudah dibaca atau ditulis oleh komputer atau manusia
  • Hampir semua bahasa pemrograman menyediakan library atau function yang memudahkan untuk membaca atau membuat struktur JSON
  • JSON mudah sekali dipetakan pada struktur data yang digunakan oleh sebagian besar bahasa pemrograman terkait data berupa number, string, boolean, null, array dan associative array.

Mungkin cukup segitu saja perkenalan tentang JSON, sebenarnya masih banyak lagi penjelasan penjelasan mengenai JSON, dari mulai kegunaan, kelebihan dan kekurangan dan lain lain.kalian bisa mencari nya di Google. dan mari kita lanjut ke tutorial nya.

Langsung saja, buatlah project baru, disini saya menggunakan AIDE di android, dan isi form Nama Project dan Nama Package

  • Project Name : AndroidReadJSON
  • Package Name : com.glanexlabs.learn.json
disini kita membutuhkan komponen berupa widget Button, EditText dan TextView dan juga ProgressDialog sebagai Interface nya. berikut kode main.xml nya:

Dan disini kita menggunakan AsyncTask untuk proses mengambil/membaca data JSON nya, untuk penjelasan mengenai AsyncTask bisa kalian cari di Google.

Berikut kode MainActivity.java nya

Nah berikut adalah output dari project diatas:

Dan berikut saya juga memberikan full source code nya, bisa kalian download disini AndroidReadJSON.zip semoga bermanfaat, dan maaf bila ada kesalahan kata, wassalamu'alaikum. wr.wb.

Sumber Referensi : http://kangtanto.com/technology/mengenal-json-beserta-kelebihan-dan-manfaatnya

0 Response to "Tutorial Android Read JSON"

Post a Comment