GDEV NET

Tutorial Pemrograman Android Oprek and Dev

Cara Mudah Ubah Height Status Bar Bebas Dari Bootlop Tanpa TWRP Dan XPOSED

Cara Mudah Ubah Height Status Bar Androd Tanpa TWRP dan Xposed. Apa itu Status Bar pada Android? Status Bar adalah Layout Android yang terletak di bagian paling atas yang berfungsi menampilakan berbagai informasi atau pemberitahuan, dalam hal ini mencangkup pemberitahuan sms masuk, panggilan masuk, informasi proses mengunduh, menampilkan jam, menampilkan tanggal, informasi battery (percentage battery), intermet speed meter dan lain lain.


Mengapa Perlu di Ubah Height Nya?

Lalu buat apa mengubah tinggi/height Status Bar?. Oke saya jelaskan, Kebanyakan opreker itu suka mengedit atau memodifikasi SystemUI, di antaranya yang paling sering di temui adalah memodifikasi Status Bar menjadi dua, tiga baris bahkan lebih atau yang lebih di kenal Flyme Status Bar. Flyme satu baris, dua baris maupun tiga baris.


Nah makanya Status Bar ini perlu di ubah tinggi/height nya, dan proses ini adalah langkah awal pembuatan Flyme Status Bar, yaitu mengubah height nya, tentunya masih perlu yang namanya DC (decompile) RC (recompile). di harapkan kalian sudah faham tentang DC RC, jika belum faham mengenai DC RC, kalian bisa baca mengenai pengertian apa itu DC RC dan Cara nya kesini Cara DC RC di Android.


Langkah-Langkah Mengubah Height Status Bar

Perhatikan dengan seksama

  1. Pertama yang perlu kalian lakukan adalah men-DECOMPILE framework-res.apk menggunakan Apktool, dengan cara buka aplikasi Apktool tersebut lalu ttap file framework-res.apk. nanti akan muncul menu Dialog, nah kalian pilih 'decompile all'
  2. Kemudian jika proses decompile selesai maka akan muncul folder baru yaitu 'framework-res_src'
  3. Lanjut ke proses selanjutnya, buka folder framework-res_src hasil proses decompile tadi dan cari file dimens.xml tepat nya di folder /res/values, kemudian cari pada bagian ini
    Kalian bisa ubah nilai height nya menjadi 50.dp atau terserah sesuai keinginan masing-masing
  4. Setelah proses pengeditan selesai, selanjutnya me-RECOMPILE nya dan SIGN, jika proses ini selesai dan tidak ada masalah dalam proses ini, maka akan muncul file baru yaitu framework-res_src_sign.apk

Sampai disini proses DECOMPILE-RECOMPILE selesai, lanjut ke proses selanjutnya yaitu kita akan mengambil file 'resources.arsc' dari hasil proses RECOMPILE tadi, dan tentunya sudah di SIGN. perhatikan dengan seksama !

  1. Pertama extrak file framework-res_src_sign.apk, disini saya menggunakan Aplikasi Zarchive
  2. Kemudian ambil file 'resources.arsc' dan pindahkan ke folder O-TOOL/FRAMEWORK/framework-res.apk/disini !
  3. Kemudian lanjut ke tahap terakhir, kalian jalankan O-TOOL nya, jika belum punya kalian bisa langsung KESINI
    • Kalian buka Aplikasi Terminal Emulator
    • Kemudian ketik 'cd /sdcard/O-TOOL' tanpa tanda kutip lalu (enter)
    • Kemudian ketik lagi 'sh o-tool.sh' tanpa tanda kutip lalu (enter)
    • Selanjutnya nanti akan muncul menu, kalian pilih FRAMEWORK atau angka 1, dan jika disuruh reboot, pilih Y

Screenshot :

  • Before
  • After

Cara ini memang ribet menurut kalian mungkin, namun cara ini ampuh Anti Bootlop dan sangat cocok buat kalian yang Android nya belum terpasang TWRP. asalkan ikuti step by step dengan benar, oke sekian dulu tutorial dari saya, semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa share, terimakasih.

0 Response to "Cara Mudah Ubah Height Status Bar Bebas Dari Bootlop Tanpa TWRP Dan XPOSED"

Post a Comment