GDEV NET

Tutorial Pemrograman Android Oprek and Dev

Script Shell Untuk Enkripsi Dekripsi File JPG

Script Shell Untuk Enkripsi Dekripsi File JPG. Enkripsi adalah proses mengaman suatu informasi dengan yang bertujuan agar informasi tersebut tidak dapat di baca tanpa pengetahuan khusus lebih jelas nya silahkan baca disini : Enkripsi. Sedangkan Dekripsi adalah kebalikan dari Enkripsi, yaitu mengubah kembali dari suatu informasi yang telah di amankan ( yang telah di ubah menjadi informasi yang tidak dapat di baca ) menjadi informasi yang semula atau dapat di baca kembali.


(Baca Juga : O-TOOL (Opreker Tool))


Cara Kerja

Saya namakan script ini 'crypt_jpg.sh' dan akan saya jelaskan sedikit cara kerja shell script yang saya pakai ini, untuk meng Enkripsi-Dekripsi file JPG disini saya menggunakan Base64 untuk cara kerjanya sebenarnya sangat simpel, dengan menggunakan simbol redirection < dan >>. Pertama kita mengambil/mengecek semua file di dalam suatu directory target, Kemudian file tersebut di encode menggunakan Base64 dengan bantuan simbol redirection < dan >>.


base64 < $file >> $file.encoded64


Base64 adalah metoda yang digunakan untuk melakukan encoding (penyandian) terhadap data binary sehingga menjadi printable atau pendek katanya data binary disandikan menjadi format 7-bit character semacam bagian isi email.

Berikut code lengkapnya adalah sebagai berikut :



Cara Penggunaan

Download terlebih dahulu script nya, Anda bisa download DISINI, untuk cara menjalankan script nya adalah sebagai berikut :

  1. Pindahkan file yang sudah di download tadi ke /sdcard atau terserah dimana saja
  2. Kemudian buka Terminal Emulator, kalo belum punya silahkan download terlebih dahulu dan install DISINI
  3. Kemudian ketik 'cd /sdcard' tanpa tanda kutip lalu (enter)
  4. Kemudian ketik lagi 'sh crypt_jpg.sh -e /sdcard/DCIM/camera' tanpa tanda kutip lalu (enter)
    • Keterangan :
    • sh crypt_jpg.sh -e /sdcard/DCIM/camera : untuk mengenkripsi
    • sh crypt_jpg.sh -d /sdcard/DCIM/camera: untuk mendekripsi

Demikianlah artikel dari saya semoga bermanfaat buat kalian yang lagi nyari referensi buat belajar pemrograman shell script, banyak hal-hal yang menarik dengan Shell Script, mungkin di pertemuan yang akan datang akan saya share mengenai pemrograman shell. barangkali ada kata-kata yang kurang berkenam dari saya, mohon di maafkan, Terikakasih.

0 Response to "Script Shell Untuk Enkripsi Dekripsi File JPG"

Post a Comment