GDEV NET

Tutorial Pemrograman Android Oprek and Dev

O-TOOL (Opreker-Tool)

Bagi kalian para Opreker Android yang suka memodifikasi system Android terutama yang lebih sering yaitu memodifikasi SystemUI.apk dan Framework-res.apk. Mungkin kalian sudah pernah atau sering Android kalian mengalami Bootlop atau Gagal Booting, kondisi dimana Android hanya menyala stuck di logo saja dan tidak bisa masuk ke menu atau Homescreen, itu biasanya terjadi karena kesalahan pada saat waktu melakukan momodifikasi atau salah penempatan script XML atau juga pada saat melakukan push ke system nya.


(Baca Juga : Cara Mudah Ubah Height Status Bar Android Tanpa Takut Bootlop dan Tanpa TWRP dan XPOSED)


Pada artikel kali ini saya mau share tool diperuntukan bagi pengguna Android dan terutama buat Opreker atau yang suka hobi memodifikasi Android, tool ini saya buat menggunakan script Shell Bourne atau Bahasa Pemrograman Shell Bourne(sh) yang saya kasih nama tool ini : O-TOOL atau (Opereker Tool) . sebenarnya tool ini fungsi nya sebagai pengganti pada saat melakukan push ke system nya, dengan kata lain kita bisa melakulan push ke system tanpa melalui TWRP dan tanpa menggunakan flashablezip.


Apa Itu Shell Bourne

Dalam lingkungan unix kata 'shell' mengacu pada semua program yang di jalankan pada command line, jadi secara sederhana shell script merupakan sekumpulan baris perintah yang di simpan pada suatu file, Extensi umum untuk shell script yaitu (.sh), sebenarnya hal ini tidak mutlak, karena pada dasarnya unix mengabaikan extensi file. Sumber : www.lug.stikom.edu yang saya pakai ini adalah jenis shell bourne (sh)


Jenis - Jenis Shell

Jenis-jenis shell sebagai berikut :

  • Bourne shell (sh)
  • C shell (csh)
  • Korn shell (ksh)
  • Bourne shell again (bash)
  • dbs

Fungsinya Untuk Apa

Mengenai fungsi kegunaan dari tool ini saya hanya bisa mengatakan berdasarkan dari pengalaman saya menggunakan nya, selebihnya kalian bisa mengembangkan nya sendiri.

  • Memudahkan pada saat push framework-res.apk ke system tanpa perlu TWRP maupun Flashablezip (ini adalah proses akhir dari kegiatan memodifikasi SystemUI.apk maupun framework-res.apk yang opreker lakukan yaitu melakulan push ke System, biasanya pada proses disinilah yang mereka takutkan, sebab bila gagal Android akan Bootlop
  • Tool ini bisa juga buat merubah Icon pack Android
  • Mengubah icon battre Android dengan mudah
  • Dan Masih banyak lagi, cuma belum saya belum buatkan tutorial nya

Bagaimana Cara Menggunakanya

Cara penggunaanya sangatlah sederhana

  • Download terlebih dahulu tool nya O-TOOL.zip
  • Extrak dan pindahkan folder hasil extrakan (O-TOOL) ke /sdcard
  • Kemudian buka aplikasi Terminal Emulator Android Kalian, jika belum punya atau belum terinstall kalian bisa Download Disini
  • Kemudian ketik 'cd /sdcard/O-TOOL' tanpa tanda kutip lalu (enter)
  • Kemudian ketik lagi 'sh o-tool.sh' tanpa tanda kutip lalu (enter)
  • Disitu tersedia tiga pilihan (FRAMEWORK, SYSTEM APP dan BOOTANIMATION)
Dengan Catatan kalian tau letak dan nama file yang di maksud atau file yang akan di push ke system, sebagai contoh saya akan merubah icon aplikasi SystemU.apk, letak file icon tersebut adalah di /res/drawable/ic_launcher.png, maka saya harus membuat folder dengan nama yang sama dengan nama aplikasi SystemUI.apk tersebut (O-TOOLS/SYSTEM_APP/SystemUI.apk/res/drawable/ic_launcher.png)

Untuk tutorial menggunakan O-TOOL saya baru bisa membuatkan satu tutorial saja Cara Mudah Ubah Height Status Bar Android Tanpa Takut Bootlop dan Tanpa TWRP dan XPOSED. bila ada waktu saya usahakan untuk membuat artikel cara penggunaan selain ini, semoga bermanfaat, Terimakasih

4 Responses to "O-TOOL (Opreker-Tool)"

  1. Ijin donlot om.

    Mau ane up di youtube boleh ga om. Tar ane sertakan link blog ini.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Ok . Makasih om.
      Truslah berkarya om. Lnjutkan..

      Delete