GDEV NET

Tutorial Pemrograman Android Oprek and Dev

Membuat Aplikasi Android Hello World Di Android Menggunakan AIDE

Membuat Aplikasi Android Hello World Di Android Menggunakan AIDE. Seiring berjalanya waktu banyak sekali aplikasi-aplikasi android bertebaran di internet dengan kelebihan masing-masing yang mereka tawarkan dari si pembuat aplikasi tersebut, mereka membuatnya dengan alasan untuk bisnis, memajukan dunia teknologi, atau sekedar iseng. Pernakah kalian berfikir ingin membuatnya juga?.

Pengenalan

Sebelum kita memulai ke pembahasan inti, ada baiknya Anda memahami alat atau sowftware yang di butuhkan untuk membuat aplikasi android. yang akan kita gunakan disini adalah AIDE. Apa itu AIDE?. AIDE adalah IDE (Integrated Development Environment) untuk membangun atau membuat aplikasi Android dan dilakukan langsung dari ponsel android itu sendiri.

IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Sumber : Wikipedia
Tidak jauh beda pada aplikasi IDE di komputer seperti Android Studio maupun Eclipse, di AIDE juga banyak fitur yang bisa di manfaatkan layaknya aplikasi IDE pada umumnya. Dengan AIDE kita bisa melakukan aktivitas coding kapanpun dan dimanapun kita berada.

Beberapa fitur yang disuguhkan AIDE adalah fitur kursus (versi berbayar) antara lain:

  • Belajar coding interaktif dengan instruksi langkah demi langkah yang sangat mudah dipahami.
  • Kursus pemrograman Java.
  • Kursus pemrograman game.
  • Kursus pemrograman android wear.

Supports Eclipse Project. AIDE bisa digunakan untuk membuka langsung folder project eclipse
Supports Android Studio. AIDE juga supports dan bisa digunakan untuk membuak folder project dari android studio. dan masih banyak fitur-fitur lainya. Sumber : Mengenal AIDE Java android IDE. Anda bisa mendonwnload melalui tombol download ini DOWNLOAD AIDE

Langkah - Langkah

di harapkan Anda sudah mendownload aplikasi AIDE dan sudah menginstallnya di android Anda.

  1. Buka aplikasi AIDE, pada awal membuka aplikasi setelah penginstallan akan terlihat tampilan awalnya seperti berikut, setelah itu pilih For Experts
  2. Pada tampilan selanjutnya akan ada tampilan seperti ini, kemudian pilih New Android App (Gradle/Android Sdk/Java/Xml)
  3. Kemudian akan muncul tampilan dialog, disini Anda mengisi nama dan package aplikasi yang ingin Anda buat, ingat ya! tidak ada boleh ada spasi, isi lah nama package, Contoh com.ini.app.pertama.saya. Setelah itu pilih Create.
  4. Pada tampilan berikut nya masuk ke tampilan editor, disini Anda bisa mengedit design nya dengan mengedit script xml sesuai keinginan Anda. Pada bagian menu Toolbar di sebelah kanan icon play, itu berguna untuk mereview hasil tampilan design xml yang anda buat. Sedangkan icon play untuk me-Run program nya. pilih run (icon play).

  5. Tunggu sampai proses compile selesai, kemudian install aplikasi Anda.

Selamat! Anda sudah bisa membuat aplikasi android Anda sendiri :). Perlu di ingat, untuk membuat aplikasi android di butuhkan kemahiran bahasa pemrograman Java dan script xml. oleh sebab itu ada baiknya Anda mempelajari bahasa pemrograman Java script xml pada Android. untuk mempelajari bahasa pemrograman Java anda bisa baca artikel di blog ini, dengan memilih navigasi sitemap kemudian pilih Pemrograman Java tunggu di tutorial berikutnya. Terimakasih, semoga bermanfaat.Jangan lupa share ya

0 Response to "Membuat Aplikasi Android Hello World Di Android Menggunakan AIDE"

Post a Comment