GDEV NET

Tutorial Pemrograman Android Oprek and Dev

Belajar Java Dasar Bab 1 (Pengenalan, Variabel, Konstanta dan Komentar)

PEMBAHASAN

Pada bab ini membahas pengenalan Java, pengertian variabel, konstanta dan komentar, setelah membaca bab ini, di harapkan Anda bisa menentukan tipe data, mendeklarasikan variabel, memberi nilai pada variabel, menyertakan sebuah komentar pada program


Pengenalan

Java adalah sebuah nama dari bahasa pemrograman yang sangat di kenal. Sebagai bahasa pemrograman, Java dapat di gunakan untuk menulis program.

Program adalah kumpulan instruksi yang di tujukan untuk komputer yang bertujuan untuk melakukan suatu tugas tertentu. Melalui program, komputer dapat di atur untuk melakukan tugas tertentu sesuai yang di tentukan oleh pemrogram (orang yang membuat program atau biasa di sebut Programmer).

Contoh nya adalah aplikasi pada Windows, Word dan Excel, keduanya adalah contoh aplikasi yang di buat dengan bahasa pemrograman. Java merupakan bahasa yang berorientasi objek, dengan demikian, Java juga memudahkan dalam pembuatan aplikasi berskala besar.

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang menggunakan perintah-perintah yang mudah di pahami oleh orang. Java bersifat universal, Sebagai bahasa yang universal, Java bisa dijumpai di berbagai platform (Linux, UNIX, Windows, Mac, dan lain-lain). dengan slogan nya "write once, run anywhere"


Variabel

Apa sih variabel itu?. variabel adalah elemen dalam bahasa pemrograman berguna untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai nya bisa di ubah sewaktu-waktu selama program di eksekusi/di jalankan. sebagai contoh :



Output hasil eksekusi program

Jumlah uang semula : 1000

Jumlah uang sekarang : 2000


Hal yang perlu di perhatikan, jika variabel digunakan di dalam program, variabel tersebut harus di deklarasikan. Deklarasi tersebut berarti memberitahukan kepada kompiler bahwa terdapat variabel yang akan di gunakan di dalam program dan sekaligus du gunakan sebagai penentuan tipe data untuk variabel tersebut. pada contoh di atas : int jumlahUang; berfungsi untuk mendeklarasikan variabel bernama jumlahUang dengan tipe data int. artinya int menyatakan tipe data bilangan bulat dan hanya bilangan bulat yang bisa di simpan di variabel tersebut. Pernyataan jumlahUang = 1000; dimaksudkan untuk memberikan nilai 1000 ke variabel jumlahUang. Setelah pernyataan itu di eksekusi, jumlahUang berisi 1000. tanda = dinamakan operator penugasan. Itulah sebabnya, ketika System.out.println() yang pertama (pada program Variabel.java) di eksekusi, menghasilkan informasi sebagai berikut :

Jumlah uang semula : 1000

Informasi 1000 datang dari variabel jumlahUang. Informasi 2000 yang di hasilkan oleh System.out.println() kedua juga datang dari variabel jumlahUang. Nilai 2000 disebabkan oleh pernyataan yang mengubah isi variabel jumlahUang.

jumlahUang = 2000;

Download Alkisah - Aplikasi Android Menarik Tentang Suri Tuladan Nabi dan Sahabat

Aturan pemberian nama variabel

Secara umum, pemberian nama variabel mengikuti aturan nama pengenal (pengenal atau identifier adalah nama yang digunakan tidak hanya untuk variabel, tetapi juga yang lain, seperti nama fungsi dan nama kelas)

Aturan pengenal secara umum sebagai berikut :
  1. Harus diawali dengan huruf, tanda $, atau simbol garis bawah (_).
  2. Sisanya dapat berupa huruf, angka, $, atau simbol garis bawah (_).
  3. Huruf kecil dan kapital dibedakan
  4. Hindari penggunaan kata kunci sebagai pengenal.

Berikut adalah contoh penamaan variabel yang salah :
VARIABEL KETARANGAN
2x Variabel barus diawali dengan huruf, $, atau _
biayaTetap+Variabel Tanda + tidak boleh dipakai untuk nama variabel
gaji pokok Spasi tidak boleh dipakai untuk menyusun nama variabel
hotel_*7 Tanda * tidak di perkenankan

Kata Kunci Pada Java

kata kunci (keyword) adalah kata-kata yang di peruntukan secara khusus oleh java dan tidak boleh digunakan sebagai pengenal. Berikut adalah kata-kata kunci di java :

abstrack instanceof assert int boolean interface break long byte native
case new catch package char private class protected const public
continue return default short do static double strictft else super
enum switch extends synchronized final this finally throw float throws
for transient goto try if void implements volatile import while

Konstanta

Konstanta adalah variabel yang nilainya tetap (tidak dimaksudkan untuk diubah selama program dieksekusi). Hal ini diprolehkan dengan menambahkan kata kunci final di depan nama tipe data. contoh :

final int UANG = 1000;

Pernyataan di atas membuat UANG sebagai konstanta dengan nilai 1000.

  • Perlu diketahui, nama konstanta biasa ditulis dengan menggunakan huruf kapital seluruhnya.
  • Jadi, dengan melihat keberadaan suatu nama yang melibatkan huruf kapital seluruhnya, dengan mudah pembaca program mengetahui bahwa nama tersebut menyatakan konstanta.

Tipe Data

Banyak tipe data yang disediakan Java. Namun, tipe dasar yang tersedia diperuntukkan untuk bilangan bulat, bilangan real, boolean, karakter, dan string. Bilangan bulat berhubungan dengan bilangan tanpa pecahan. Bilangan real untuk menangani bilangan yang bisa mengandung pecahan. Boolean terkait suatu kondisi/keadaan benar (true) atau salah (false), dan nilai nya hanya ada dua keadaan. Karakter berkaitan dengan sebuah huruf, sebuah digit, atau sebuah simbol.

Bilangan bulat 20
Bilangan real 20.0 -123.45 44.55667788
Boolean true false
Karakter A c * % $
String Hello World GDEVNET

Tipe Data Bilangan Bulat Pada Java
TIPE DATA KETERANGAN KEBUTUHAN MEMORI
byte Menyatakan bilangan bulat antara -128 dan 127 1 byte
short Menyatakan bilangan bulat antara -32768 dan +32767 2 byte
int Menyatakan bilangan bulat antara -2147483648 dan +2147483647 kalau diimplementasikan dengan 4 byte 4 byte
long Menyatakan bilangan bulat antara -9.923.372.036.854.775.808 sampai dengan +-9.923.372.036.854.775.808 8 byte

Komentar

Komentar adalah keterangan di dalam kode sumber yang di tujukan sebagai penjelas bagi pembaca kode sumber. yang di tandai dengan /* */ atau //. Pasangan tanda /* dan */ digunakan membuat komentar yang terdiri atas beberapa baris, sedangkan tanda // digunakan untuk membuat komentar dalam satu baris.

  • Untuk program yang kompleks (berisi puluhan,ratusan bahkan ribuan) komentar dianjurkan untuk disertakan didalam kode sumber. Tujuannya adalah agar pembaca kode sumber dengan mudah bisa memahami kode-kode tertentu berkat keterangan tambahan yang dikemas sebagai komentar.
  • Komentar bermanfaat juga bagi si pembuat kode sumber, andai kata si pembuat lupa dengan code yang ia buat karena beberapa bulan tidak menyentuhnya.

Sampai disini dulu artikel dari saya, sampai ketemu pada Bab berikutnya / artikel berikutnya, semoga bermanfaat.


SUMBER REFERENSI

Sumber referensi artikel ini di dapat dari buku : BUKU PERTAMA PEMROGRAMAN JAVA UNTUK PEMULA

0 Response to "Belajar Java Dasar Bab 1 (Pengenalan, Variabel, Konstanta dan Komentar)"

Post a Comment