GDEV NET

Tutorial Pemrograman Android Oprek and Dev

Script Shell - Membaca Ukuran File (Byte, KB dan MB)

PEMBAHASAN

Pada artikel ini kita akan membahas Cara membuat script shell (pemrograman shell) untuk membaca ukuran suatu file dengan satuan B (Byte), KB (Kilobyte), MB (Megabyte). namun sebelum mengikuti pembahasan artikel Anda sudah membaca pada artikel tentang Operasi Aritmatika pada shell, sebab di pembahasan ini kita akan menggunakan salah satu dari operator yaitu / (pembagian).


Bagi Anda pengguna internet, mungkin kalian sering mendownload suatu file dari internet entah itu file file gambar, file musik, file video ataupun file lainya dengan ukuran-ukuran file yang berbeda (Byte, KB, MB). Sebelum melanjutkan ke inti dari pembahasa pada artikel ini, Saya akan membahas sedikit tentang ukuran-ukuran file, namun di artikel ini hanya memfokuskan membahas Byte, KB, dan MB saja.

B (Byte) adalah satuan yang merupakan kumpulan dari 8 buah bit singkatan dari (binary digit), byte merupakan sekumpulan terkecil dari bit yang bisa di mengerti oleh komputer, Nilai 1 byte itu sama dengan 8 bit. Sedangkan KB (Kilobyte) satuan ini mempunyai nilai setara dengan 1024 byte, 1KB = 1024 byte. Begitu juga dengan MB (Megabyte) nilai nya adalah 1024 KB, 1 MB = 1024 KB. lihat pada tabel di bawah ini :


Byte (B) Kilobyte (KB) Megabyte (MB)
1 0 0
1024 1 0
1048576 1024 1

Cara yang saya gunakan saya bilang sangatlah mudah, dengan membutuhkan bantuan dari salah satu perintah di Linux itu sendiri, yaitu stat dan wc. kedua perintah tersebut menghasilkan informasi ukuran file (bytes), contoh penggunaan kedua perintah tersebut adalah sebagai berikut :

  • Mengetahui informasi ukuran file (bytes) dengan perintah stat

    stat -c "%s" nama_file.pdf

  • Mengetahui informasi ukuran file (bytes) dengan perintah wc

    wc -c nama_file.pdf

Namun dalam pembahasan ini, kita akan membuat program sederhana dari script shell (pemrograman shell) agar bisa membaca juga ukuran file dengan format KB dan MB. oke kita mulai, sebelumnya buatlah file baru dengan nama filesize dengan menambahkan format file berupa .sh filesize.sh. untuk mengedit Anda bisa gunakan aplikasi editor text, saya sendiri menggunakan Quick Editor. disini saya membuat 3 fungsi, yaitu :

  • getKB()
  • getMB()
  • getSize()
kode lengkapnya anda bisa lihat dibawah ini :


Lalu bagaimana cara menjalankan/eksekusi script tersebut?

Caranya adalah dengan mengetikan sh nama_script.sh nama_file.pdf pada Terminal Console Linux.

u0_a251@ASUS_TOON:/sdcard $ sh filesize.sh EbookAndroid.pdf

Berikut adalah output eksekusi program :

Script name : filesize.sh

File name : EbookAndroid.pdf

Size Byte : 11154679 B

Size KB : 10893 KB

Size MB : 10 MB


Sampai disini dulu pembahasan artikel kali ini. script ini bisa Anda kembangkan sendiri, Semoga bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "Script Shell - Membaca Ukuran File (Byte, KB dan MB)"

Post a Comment